Minggu, 12 Januari 2014

Room Service


Ø Pengertian Room Service
Room Service ialah suatu pelayanan makanan dan minuman di dalam kamar hotel atau disebut juga In-Room Dining. Selain itu, Room Service juga menyajikan makanan dan minuman di tempat-tempat lain dalam hotel contohnya di lobby hotel,dan lain sebagainya.
Fungsi Room Service ialah menjual dan menyajikan makanan dan minuman di kamar-kamar hotel. Fungsi yang lainnya yaitu mengambil pesanan(taking the order),menyiapkan,menyajikan dikamar dan mengambil kembali peralatan yang telah digunakan dari kamar. Serta bertujuan untuk mendapatkan serta meningkatkan keuntungan hotel.
ØStruktur Organisasi Room Service

Room Service Manager
Room Service Captain
Room Service Order Taker
Room Service Waiters  



Keterangan:
·        Room Service Manager bertugas sebagai pemimpin tertinggi di room service, dengan menyusun dan mengatur operasi secara keseluruhan room service. Bertanggung jawab atas keseluruhan dan keperluan bawahan
serta membuat dan memberi laporan dan tanggung jawab kepada F&B Manager.
·        Room Service Captain bertugas memeriksa waiter tentang kehadiran dan appearance , menyediakan segala sesuatu untuk service seperti mengatasi persiapan dan service yang dilaksanakan waiter. Dia juga bertugas membuat dan memberi laporan serta tanggung jawab kepada Room Service Manager.
·        Room Service Order Taker bertugas menerima dan mencatat pesanan makanan dan minuman yang dipesan oleh tamu, dia juga berfungsi sebagai alat penghubung dan pemberi keterangan kepada tamu tentang segala sesuatu yang meliputi makanan dan minuman di hotel tersebut.
·        Room Service Waiters bertugas menyiapkan segala peralatan dan supplies di trays trolley. Tugas pokok seorang room service waiter adalah menyajikan makanan dan minuman dikamar tamu serta mengambil dan me-clear-up kembali barang-barang kotor dari kamar.

Ø Hubungan Room Service dengan departement lain
·     Room Service dengan Housekeeping
-  Room Attendant: Membantu mengeluarkan tray trolley kotor dari dalam kamar.
-  Laundry : Membantu menyiapkan napkin untuk keperluan room service.
-  Florist : Menyiapkan dan merangkai bunga-bunga untuk memperindah tray trolley room service.
·     Room Service dengan Front Office
Front office membantu memberikan laporan tentang nama tamu yang menginap beserta nomor kamarnya setiap hari. Meliputi tamu personal,group maupun VIP. Front office juga membantu memberikan informasi kepada room service misalnya tentang perpindahan kamar, jadi room service tidak terjadi kesalahan saat pengiriman makanan yang dipesan oleh tamu.
·        Room Service dengan Engineering
Engineering membantu dan bertanggung jawab atas kerusakan pada semua kebutuhan dan perlengakapan room service, seperti tray trolley dsb.
·        Room Service dengan Accounting
Accounting sangatlah penting karena accounting membantu dalam pendataan keuangan dalam setiap charge room service kepada tamu.
·     Room Service dengan Purchasing
Purchasing membantu dan bertanggung jawab atas menyediakan keperluan material untuk produksi,seperti bahan-bahan makanan dan minuman.


0 comments:

Posting Komentar